Tuesday 5 February 2013

Penyetelan Saat Pengapian Pada Distributor ( Delco )


Hanya montir yang masih hijau menyetel saat pengpian seperti terlihat pada gambar diatas. Dengan cara tersebut biasanya saat pengapian menjadi terlalu awal. Akibatnya?

Saat pengapian yang terlalu awal, mengakibatkan knoking ( detonasi )
Knoking pada saat beban tinggi mengakibatkan kerusakan pada torak, batang torak dan bantalannya.
Cara Menyetel Dengan Lampu Timing
· Pasang lampu timing dan tachometer

· Kontrol / stel putaran idle
· Lihat saat pengapian pada putaran idle. Tanda pengapian terletak pada puli atau roda gaya. Jika tanda kotor, bersihkan terlebih dahulu.

· Apabila saat pengapian tidak tepat, kendorkan sekrup pengikat distributor sampai distributor dapat digerakkan
· Putar distributor sampai didapatkan saat pengapian tepat, kemudian keraskan sekrup kembali.
· Kontrol saat pengapian kembali. Kontrol juga dengan melepas slang vakum dari distributor. Jika ada perbedaan antara saat pengapapian dengan/tanpa slang vakum, penyetelan karburator salah, atau slang vakum pada karburator disambung salah.
Petunjuk
* Perhatikan : jika lampu timing dilengkapi dengan penyetel sudut, penyetel tersebut harus ditepatkan pada posisi “off “ atau 00
Saat pengapian dalam idle biasanya 5 – 100 sebelum TMA
* Penyetelan saat pengapian biasanya harus pada putaran idle. Bila putaran idle terlalu tinggi, saat pengapian dimajukan oleh sistem advans di dalam distributor. akibatnya, penyetelan menjadi salah.
Putaran idle untuk motor 4 silinder biasanya 750-850 rpm, untuk motor 6 silinder 600-750 rpm.
Pada mobil – mobil buatan Jerman, Italia, kadang – kadang penyetelan saat pengapian tidak pada putaran idle. Lihat cara menyetel dalam buku manual.

Sumber :  http://coilku.com/penyetelan-saat-pengapian-pada-distributor-delko.html

No comments:

Post a Comment