Hanya montir yang masih hijau menyetel saat pengpian
seperti terlihat pada gambar diatas. Dengan cara tersebut biasanya saat
pengapian menjadi terlalu awal. Akibatnya?
Saat pengapian yang terlalu awal, mengakibatkan knoking ( detonasi )
Knoking pada saat beban tinggi mengakibatkan kerusakan pada torak, batang torak dan bantalannya.
Cara Menyetel Dengan Lampu Timing· Pasang lampu timing dan tachometer
· Lihat saat pengapian pada putaran idle. Tanda
pengapian terletak pada puli atau roda gaya. Jika tanda kotor, bersihkan
terlebih dahulu.
· Apabila saat pengapian tidak tepat, kendorkan sekrup pengikat distributor sampai distributor dapat digerakkan
· Putar distributor sampai didapatkan saat pengapian tepat, kemudian keraskan sekrup kembali.
· Kontrol saat pengapian kembali. Kontrol juga dengan
melepas slang vakum dari distributor. Jika ada perbedaan antara saat
pengapapian dengan/tanpa slang vakum, penyetelan karburator salah, atau
slang vakum pada karburator disambung salah.
Petunjuk
* Perhatikan : jika lampu timing dilengkapi dengan penyetel sudut, penyetel tersebut harus ditepatkan pada posisi “off “ atau 00
Saat pengapian dalam idle biasanya 5 – 100 sebelum TMA
* Penyetelan saat pengapian biasanya harus pada
putaran idle. Bila putaran idle terlalu tinggi, saat pengapian dimajukan
oleh sistem advans di dalam distributor. akibatnya, penyetelan menjadi
salah.
Putaran idle untuk motor 4 silinder biasanya 750-850 rpm, untuk motor 6 silinder 600-750 rpm.
Pada mobil – mobil buatan Jerman, Italia, kadang –
kadang penyetelan saat pengapian tidak pada putaran idle. Lihat cara
menyetel dalam buku manual.
Sumber : http://coilku.com/penyetelan-saat-pengapian-pada-distributor-delko.html
No comments:
Post a Comment